Bagaimana Meningkatkan Rasa Cinta Kepada Diri Sendiri ~ Motivation Letter

Saya yakin dengan pasti kita semua memilki seseorang yang kita cintai, seseorang yang sangat kita kagumi, seseorang yang kita sangat berharap bahwa kita adalah seseorang itu.

Di zaman sekarang ini kita sering sekali menjumpai remaja-remaja yang sangat mengidolakan artis-artis Korea bahkan rela untuk mempelajari budaya Korea, rela untuk meniru tingkah laku artis tersebut agar ia dapat merasa seperti idolanya. Akan tetapi tidak hanya itu zaman sekarang ini pun juga sering kita jumpai kasus-kasus yang akar permasalahannya adalah kebencian pada diri sendiri seperti bunuh diri, depresi, dan sebagainya. Dikutip dari idntimes.com “Terlalu membenci diri sendiri dapat menganggu kesehatan mental, hingga menjadi gangguan kecemasan dan depresi”. Kita juga tahu dampak dari tidak sehatnya mental pada postingan sebelumnya (https://cahtosariid.blogspot.com/2020/09/mengenal-apa-dan-pentingnya-mental.html) sangat-sangat merugikan dan membahayakan.

Kita sudah tahu bahaya dari membenci diri sendiri dan mungkin ada yang bertanya “Jadi solusinya apa?” Solusinya sederhana hanya dengan memulai kebiasaan atau rutinitas mencintai diri sendiri. “Cara mencintai diri sendiri itu bagaimana lagi?” Untuk menjawab pertanyaan ini akan aku ceritakan bagaimana cara yang aku terapkan pada keseharianku.

Cara ini sebenarnya aku pelajari dari sebuah kanal Youtube tentang bagaimana mencintai diri sendiri dan kemudian aku terapkan didalam hidupku.

Seperti pada awal tadi kita semua pasti memiliki seseorang yang kita cintai dengan alasan kita masing-masing, dan mencintai seseorang juga pasti karena seseorang itu memiliki suatu trait atau kepribadian yang sangat unik. Seperti contoh aku mengidolakan seorang Youtuber dari Amerika yaitu Elliot Choy. Alasan aku menyukai Elliot karena kesehariannya yang sangat produktif dalam studinya dan dalam pekerjaannya sebagai magang dan juga sebagai content creator di Youtube. Banyak orang-orang yang menyukai Elliot karena produktivitasnya dan bagaimana ia mengatur waktu. Begitupun aku yang kadang terkagum melihat bagaimana Elliot bisa meunggah minimal 2 video setiap minggunya mengingat sekarang adalah masa-masa terakhirnya di perkuliahan yang mana pada masa itulah puncak dari kesibukan mahasiswa. Sikap-sikap seperti itulah yang menjadi alasan mengapa banyak orang menyukai Elliot termasuk aku.

Mungkin ada dari kalian yang bertanya “Terus apa hubungan dari menyukai seseorang dengan menyukai diri sendiri? Bukannya itu hanya akan mengurangi rasa kecintaan pada diri sendiri?” Well, kalau kita pikir-pikir kembali alasan kita menyukai seseorang adalah karena seseorang itu memiliki sikap atau kebiasaan atau traits. Alasan aku menyukai Elliot bukan karena Ia populer atau karena fisiknya akan tetapi salah satu sikapnya yaitu produktif, ke-produktifitasannya, bagaimana ia me-manage waktunya membuatku menyukai Elliot dan menganguminya. Dan inilah salah satu cara yang kulakukan untuk mencintai diri sendiri. Mempelajari sikap/traits dari sosok yang kita kagumi kemudian mengimplementasikannya kedalam kehidupan sehari-hari adalah kunci dari bagaimana aku mulai meningkatkan kecintaan pada diri sendiri.

Hal yang harus kulakukan adalah mengambil sikap-sikap itu kemudian aku terapkan didalam keseharianku dan hanya seperti itu aku mulai mencintai diriku sendiri. Jika aku menjalani hidup dengan produktif kecintaanku pada diri sendiri akan meningkat dengan sendirinya karena disaat kita menggabungkan hal yang kita sukai dari seseorang, disaat kita mengambil alasan mengapa kita mengangumi orang itu dan menerapkannya dalam hidup maka dengan sendirinya kita mulai mencintai dan bangga kepada diri kita sendiri. Mengapa? Coba kita lihat dari sisi sebaliknya, alasan kita membenci diri kita sendiri adalah karena kita memiliki sikap-sikap/kebiasaan yang kita tidak sukai. Kita mungkin tidak suka yang namanya bermalas-malasan, kita tidak suka sikap orang yang tertutup kepada orang lain, kita tidak suka sikap orang tidak bisa dipercaya, jika sikap-sikap yang kita tidak sukai mungkin saja kita miliki ya tentu saja kita akan mulai membenci diri kita sendiri.

Untuk mulai mencintai diri sendiri, satu hal yang harus kita lakukan adalah dengan memperbaiki rasio perbandingan ini. Mulailah dengan menghilangkan sikap-sikap yang tidak disukai dan perbanyak sikap yang kita sukai pada diri sendiri. Jika kita mengangumi orang yang memiliki tubuh yang bagus maka mulailah berolahraga untuk mendapatkan tubuh yang bagus juga, jika kita mengangumi orang karena kelincahannya berbicara di depan publik maka mulailah untuk berbicara di depan teman-temanmu. Dengan menggabungkan sikap orang yang kita kagumi dengan diri sendiri maka kita akan mulai mencintai diri kita sendiri.

Kesimpulannya, jika kalian suatu saat bertemu atau melihat orang yang sangat kita kagumi atau cintai maka tanyakannlah kepada dirimu sendiri “apa sikap yang membuat aku sangat menyukai/mengangumi orang itu? Dan bagaimana aku bisa menanamkan sikap itu kedalam diriku?” Hanya dengan sesimpel itu maka kita akan mulai mencintai diri kita lebih dari yang sebelumnya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Masalah Loading OPL yang Hang PS2 Slim

Cara Bermain dari Network OPL PS2 PC Windows 7

Teknik Manajemen Strategis untuk Planning dalam Dunia Bisnis